• Rabu, 7 Desember 2022

Pekerja Proyek Gedung Perpustakaan Kotamobagu Tanpa APD, Kontraktor dan Pengawas dari SKPD Diduga Abai K3

- Selasa, 27 September 2022 | 10:13 WIB
Nampak 2 pelerja proyek gedung perpustakaan Kotamobagu di ketinggian gedung tanpa alat keselamatan kerja
Nampak 2 pelerja proyek gedung perpustakaan Kotamobagu di ketinggian gedung tanpa alat keselamatan kerja

SIBERMANADO - Para pekerja proyek gedung perpustakaan Kota Kotamobagu, diduga mengabaikan standar keselamatan kesehatan kerja (K3).

Standar K3 ini merupakan kewajiban yang harus dipatuhi pekerja sekaligus merupakan tanggungjawab perusahaan kontraktor dan pengawas dari instansi pemilik kegiatan.

Terkait proyek gedung perpustakaan Kota Kotamobagu, kontraktor, CV Rajawali Perkasa, dan dinas kearsipan dan perpustakaan Kotamobagu diduga kuat lalai dalam melakukan penhawasan K3.

Pantauan awak media, Senin (26/9) kemarin, pembangunan gedung lantai Tiga yang berlokasi di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Barat, tepatnya eks gedung Bobakidan, dalam menjalankan aktivitas para pekerja di lantai paling atas tidak mengenakan alat keselamatan kerja (lihat foto).

Ini menimbulkan bahaya rentan dan resiko kecelakaan. Harusnya pihak pelaksana yakni pengawas proyek lebih giat intruksikan pekerja proyek untuk memakai APD demi keselamatan kerja, sebelum dimulainya pekerjaan.

Menurut informasi, para pekerja yang didatangkan pihak kontraktor ini berasal dari luar daerah Kotamobagu

Konsultan pengawas pembangunan gedung itu saat diminta tanggapan oleh sejumlah awak media di lokasi itu mengatakan pihaknya sudah mengingatkan. "Sudah kami ingatkan untuk penggunaan APD, tapi sering diabaikan oleh mereka," kata Richi, mewakili CV Sulfana sebagai konsultan pengawas, Senin tadi sambil menambahkan banyak APD sudah rusak dan masih menunggu yang baru lagi.

Sementara Mandor Pengawas dari CV Rajawali mengungkapkan pihaknya menyiapkan APD bagi 20 an pekerjanya. "Kami siapkan APD," ungkap Murtanto, mandor proyek yang didatangkan dari luar Sulawesi yang baru sehari bekerja kepada para awak media.(*)

Editor: Ahmad Ishak

Tags

Terkini

IGD RSUD Kotamobagu Dipenuhi Pasien Anak

Selasa, 23 Agustus 2022 | 09:30 WIB

Terpopuler

X