• Rabu, 5 Oktober 2022

Anjuran Ulama Mencontohi 5 Amalan Nabi SAW dan para Sahabat Meraih Kemuliaan Malam Lailatul Qadar

- Minggu, 24 April 2022 | 16:06 WIB
ilustrasi suasana malam di bulan Ramadhan Masjid Baitul Makmur Kotamobagu (Facebook.com Jamal Mamonto)
ilustrasi suasana malam di bulan Ramadhan Masjid Baitul Makmur Kotamobagu (Facebook.com Jamal Mamonto)

SIBER MANADO - Di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, umat Muslim berupaya untuk meraih kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah momentum bagi umat Islam yang ingin mendapatkan pahala yang jika ini bisa mereka dapatkan, diyakini akan mencapai kemuliaan malam lailatul qadar yang setara amal pahala seribu bulan.

Allah SWT tidak pernah menyebutkan kapan waktu tepatnya malam Lailatul Qadar, melainkan tanda-tandanya seperti yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW.

Umat Islam yang ingin mendapatkan malam Lailatul Qadar, akan berusaha menjaga dengan amalan berupa itiqaf di masjid, sholat malam, dan berbagai amalan lainnya.

Banyak disebutkan bahwa Lailatul Qadar datang pada malam terakhir di tanggal ganjil bulan hijriah.

Baca Juga: Muhammadiyah Sudah Tetapkan Idul Fitri 2 Mei 2022, Mengapa Pemerintah Selalu Belakangan?

Dari hadist yang diriwayatkan al-Bukhari ini banyak umat muslim yang berbondong melalukan itikaf atau berdiam diri yang bertujuan untuk fokus hanya beribadah kepada Allah.

Sejumlah ulama meriwayatkan bagaimana Nabi Muhammad SAW dan para sahabat serta pendahulu yang salih untuk mendapatkan keutamaan Lailatur Qadar.

Dr. Omar Suleiman, seorang pengajar muslim Amerika mengingatkan lima hal ini saat akan menantikan Lailatur Qadar. Beliau menjelaskan pada setiap malam berpotensi menjadi malam yang paling penting dalam hidup setiap orang yang menantikan Lailatul Qadar.

Halaman:

Editor: Ahmad Ishak

Sumber: Hops.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X